Monday, April 22, 2013

Workshop SEO di PENS Sesi Pertama

Workshop SEO di PENS Sesi Pertama
Tema : Optimasikan Websitemu dengan SEO
oleh Bapak Ali Ridho B.S. Kom., Ph.D

Langkah mendasar dari Optimasi SEO
Mengenali cara kerja search engine. "Kenapa...?" Hal ini dikarenakan search engine adalah tempat akhir atau indikator kekuatan SEO suatu website. Sehingga untuk seorang praktisi SEO penting sekali kaitannya, dalam mengenali karakteristik dan cara kerja search engine (google.com) yang dia bidik.
Workshop SEO di PENS
Workshop SEO oleh Pak Ali Ridho B.S. Kom., Ph.D
Google memiliki cara-cara tersendiri dalam proses pengindexan suatu website. Secara garis besar dapat dijabarkan sebagai berikut :
1. Spider = mencari dan menjaring informasi yang ada di dalam suatu website.
2. Indexing = mengindex informasi-informasi yang ada di dalam suatu website yang dianggap relevan dengan keyword. Google akan melakukan update secara berkala dalam hal indexing halaman web. Minimal satu hari sekali google melakukan update indexing secara berkala.
3. Database = tempat menyimpan semua informasi dari semua website-website yang telah berhasil ter-index.
4. Algoritma = bahasa pemrograman google yang sangat kompleks. Algoritma google ini berisis kode-kode bahasa pemrograman yang dibuat untuk menentukan sistem peringkat pada setiap website berdasarkan relevansi keyword.

Cara Kerja Search Engine 
1. User mencari keyword melalui search form.
2. Search Engine mengolah keyword yang diberikan user dan mencarinya di database.
3. Search Engine menampilkan hasil pencariannya melalui SERP (Search Engine Result Page) berdasarkan relevansi keyword dari user.
4. Proses ini berulang secara terus-menerus dari user --> search form --> search engine database --> Result Page --> user

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membangun SEO
1. Buatlah situs dengan tampilan yang menarik
2. Buatlah content yang original
3. Update posting secara berkala
4. Memonitoring kompetitor atau pesaing
5. Manfaatkan sosial media untuk berpromosi atau publikasi
6. Membuat backlink ke situs-situs lain yang pageranknya tinggi
7. Menganalisa traffik visitor dari waktu ke waktu

Site Buildeing Process
C = Content, Membuat website dengan original kontent
T = Traffic, Kenali target.., misalkan target kita anak-anak, remaja, atau orang tua
P = PREsell, mengamati perkembang website pada satu bulan pertama
M = MONETIZE, mengamati seberapa besar income atau keuntunga yang masuk

SEO Element
1. Domain/ Filename/ URL
Dalam pembuatan domain jangan sekali-kali menggunkan unsur angka, karena akan menyulitkan algoritma google dalam melakukan ekstraksi.
2. Page Title
Penggunaan page title sebagai keyword hendaknya kurang dari 65 karakter, karena penggunaan keyword yang lebih dari 65 karakter tidak akan terbaca sepenuhnya.
3. Meta Description
Meta description menggunakan gaya bahasa yang persuasif untuk promosi dengan tujuan untuk menarik minat visitor. Meta description ini, nantinya akan keluar di rich snippets google.
4. Heading H1
Penggunaan tag heading H1 dalam keyword sangat penting, karena akan membantu kekuatan keyword kita di mata search engine. Perlu diingat gunakan tag H1 hanya pada keyword saja, karena penggunaan yang salah dan berlebihan dapat membingungkan search engine dalam menentukan keyword suatu halaman website. 

Masih banyak sekali cara-cara yang lain untuk meningkatkan kualitas SEO website kita. Kuncinya adalah terus belajar dan mencoba. "Experience is the Best Teacher." Nah.., langkah awal untuk mencoba adalah dengan mengikuti Event Teknologi Untuk Budayaku | Blog Competition. Saya juga turut berpartisipasi di lomba ini dan saat posting ini dibuat blog saya dengan judul posting Teknologi Untuk Budayaku telah berada di nomer 3 SERP google dengan keyword Teknologi Untuk Budayaku. ^_^

Description: Workshop SEO di PENS Sesi Pertama Rating: 5 Reviewer: Rizal Romadhoni Hidayatullah ItemReviewed: Workshop SEO di PENS Sesi Pertama

0 comments:

Post a Comment

Mohon maaf komentar yang berisi spam dan kata-kata kotor akan kami hapus. Mari kita jaga etika dalam menulis komentar untuk kebaikan kita bersama. Terima Kasih...

Recent Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...