Wednesday, April 24, 2013

Angklung | Alat Musik Legendaris Asal Indonesia

Angklung | Alat Musik Legendaris Asal Indonesia - Angklung adalah alat musik tradisional asal negeri kita tercinta Indonesia. Angklung tumbuh dan berkembang di lingkungan masyarakat berbahasa Sunda di Pulau Jawa bagian barat. Bahan dasar untuk membuat angklung adalah bambu. Bambu yang biasa digunakan  oleh seniman untuk membuat alat musik angklung adalah bambu hitam dan bambu putih. Angklung dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan batang tubuhnya. Bunyi angklung dihasilkan oleh benturan badan pipa-pipa bambu sehingga menghasilkan suatu bunyi-bunyian yang indah. Angklung telah diakui sebagai karya agung warisan budaya bangsa Indonesia oleh UNESCO sejak November 2010 lalu.

Teknik Memainkan Alat Musik Angklung

Cara memainkan alat musik angklung sangat mudah dan sederhana. Seseorang hanya tinggal memegang rangkanya pada tangan kiri, sehingga angklung tergantung bebas. Kemudian tangan kanannya menggoyang-goyangkan angklung hingga terciptalah suatu bunyi-bunyian yang indah. Dalam suatu pementasan angklung akan banyak sekali pemain angklung yang terlibat disanan. Semua pemain angklung ini, akan dipimpin oleh seorang konduktor yang bertugas mengatur nada dan harmoni agar tercipta bunyi yang indah. Setiap pemain akan diberikan satu hingga empat angklung dengan nada yang berbeda-beda.

Permainan Angklung Berkelompok
Permainan Angklung Berkelompok (Google Image)
Sang konduktor akan menyiapkan partitur lagu, yang berisi tulisan rangkaian nada-nada yang harus dimainkan oleh pemain angklung. Ketika koduktor memberikan aba-aba tertentu, maka masing-masing pemain angklung harus memainkan angklungnya dengan tepat sesuai nada dan lama ketukan yang diminta oleh konduktor. Dalam memainkan alat musik angklung harus memperhatikan teknik kesinambungan, yaitu nada yang sedang berbunyi hanya boleh dihentikan segera setelah nada berikutnya mulai berbunyi. Permainan angklung akan terdengar merdu dan indah jika dimainkan bersama-sama dengan kompak. Sehingga diperlukan persiapan dan latihan yang cukup matang dan harus didampingi oleh pelatih yang sudah professional.

Perkembangan Alat Musik Angklung di Zaman Sekarang

Secara esensial, angklung adalah alat musik bambu yang dimainkan dengan digetarkan. Prinsip dasar inilah yang tidak boleh diubah sampai kapanpun. Sehingga berbagai upaya dalam memadukan inovasi teknologi dengan alat musik tradisional (angklung) tidak boleh keluar dari prinsip dasar dari permainan angklung itu sendiri. Berikut ini adalah hasil cipta karya anak bangsa dalam upaya melestarikan angklung melalui inovasi teknologi yang tentunya telah memperhatikan prisnsip dasar permainan angklung :
1. Robot Angklung, karya mahasiswa ITB
2. Angklung elektrik, karya Agus Suhardiman
3. Angklung otomatis, Tugas akhir Kadek Kertayasa di STIKOM Surabaya

Masih banyak lagi inovasi-inovasi hasil cipta karya anak bangsa yang mencerminkan kepedualian mereka pada alat musik angklung. Sikap inilah yang harus dimiliki oleh semua generasi muda penerus bangsa. Inilah saatnya kita berbuat untuk negeri ini kawan. MERDEKA...!

Melalui posting alat musik angklung ini, saya mengajak pada seluruh bangsa Indonesia untuk bersyukur pada Allah SWT karena telah menjadikan bangsa Indonesia ini, menjadi bangsa yang kaya dengan beragam budaya dan tradisi yang ada. Dengan rasa syukur yang mendalam, marilah kita jaga budaya dan tradisi bangsa kita agar tidak hilang ditelan derasnya laju globalisasi saat ini. Kita sebagai generasi muda penerus bangsa harus berupaya dengan sekuat tenaga untuk melestarikan budaya bangsa Indonesia.

Beberapa waktu yang lalu, saya juga menulis sebuah artikel tentang perkembangan teknologi yang bisa membawa manfaat untuk melestarikan budaya dan tradisi bangsa Indonesia. Informasi selengkapnya bisa di lihat di postingan saya sebelumnya dengan judul Teknologi Untuk Budayaku. Semoga kita bisa sadar akan pentingnya melestarikan budaya dan tradisi bangsa kita Indonesia.

Description: Angklung | Alat Musik Legendaris Asal Indonesia Rating: 5 Reviewer: Rizal Romadhoni Hidayatullah ItemReviewed: Angklung | Alat Musik Legendaris Asal Indonesia

4 comments:

  1. Sip... Kita musti lestarikan angklung

    ReplyDelete
    Replies
    1. mari kita lestarikan bersama-sama kang, saya udah nulis 1 post nih..
      monggo getuk tular kang, blognya kang harun kan, traffiknya melejit, klau ada post angklung disana pasti banyak yg lihat ^_^

      Delete
  2. harus di jaga dari pencuri seni ya bro, terutama dr negara lain . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. njeh sob, mari kita jaga bersama-sama jangan sampai kita kembali kebobolan..
      rapatkan barisan, mari saling bergadengan tangan dan saling bahu membahu melindungi budaya dan tradisi kita, MERDEKA...!!

      Delete

Mohon maaf komentar yang berisi spam dan kata-kata kotor akan kami hapus. Mari kita jaga etika dalam menulis komentar untuk kebaikan kita bersama. Terima Kasih...

Recent Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...