Monday, April 22, 2013

Workshop SEO di PENS Sesi Kedua

Workshop SEO di PENS Sesi Kedua
Tema : Optimasikan Websitemu dengan SEO
oleh Bapak Budiono, S.T., MT.

Pak Budiono sukses, begitulah beliau disapa. Melihat cara beliau membawakan materi tentang SEO terlihat sekali kalau beliau sangat berpengalaman sekali dalam hal optimasi SEO website. Ketika pertama masuk, beliau tidak langsung ceplas-ceplos ngomong SEO itu adalah optimasi ini dan optimasi itu. Tetapi beliau malah bertanya pada para peserta workshop.., tentang apakah SEO menurut mereka..?

Teknologi Untuk Budayaku
Suasana Saat Workshop SEO di PENS
Satu-persatu peserta workshop yang ditunjuk oleh pak Budiono mulai menjawab tentang SEO menurut pemahaman mereka masing-masing. Saya tidak mengerti apa maksud pak Budiono melakukan hal ini.., karena menurut saya semua ini akan membuang-buang waktu. Tetapi semua mainset saya berubah 180 derajat, setelah mengetahui maksud dan tujuan pak Budiono melakukan hal itu.

Pak Budiono sebenarnya sedang mengukur seberapa dalam pemahaman peserta workshop dalam memahami SEO. Sehingga akan memudahkan beliau dalam menyampaikan materi. Seketika itu juga saya berfikir pak Budiono ini adalah konsultan SEO yang hebat. Terlebih lagi ketika pak Budiono bercerita seputar fenomena-fenomena SEO yang terjadi akhir-akhir ini. Mulai dari algoritma google yang semakin pintar yang bisa mendeteksi kecurangan-kecurangan dalam optimasi SEO. Terus beliau juga menjelaskan hal-hal yang harus dihindari dalam optimasi SEO. Dan masih banyak lagi yang lain.

Kalimat yang selalu teringat di dalam fikiran saya adalah ketika pak Budiono mengatakan "SEO adalah bukan SEO". Kalimat ini sangat sederhana, tetapi telah menyadarkan saya bahwa dunia SEO saat ini telah berubah. Perubahan ini bisa terjadi akibat mengukuti algoritma google yang telah diperbarui. "Content Is The King" itulah kata pak Budiono. Saat ini google telah membidik website-website dengan kontent yang original dan berkualitas yang akan menempati peringkat teratas dalam SERP-nya.

Satu hal lagi yang membuat saya tidak saya lupakan pada sosok pak Budiono adalah kerendahan hatinya dalam menyapaikan materi SEO minggu kemarin. Beliau mengatakan "Jangan sepenuhnya percaya pada konsultan atau jasa SEO termasuk apa yang saya katakan hari ini".

Percayalah pada support webmaster google, disana telah berisi panduan untuk para webmaster yang ingin mengoptimasi SEO website mereka dengan cara-cara yang diperbolehkan oleh google. Dan support webmaster google ini adalah kiblat bagi para webmaster dari seluruh dunia yang ingin mengoptimasi website mereka dengan cara-cara yang benar. Jadi jangan lansung percaya pada trik-trik SEO yang beredar luas di dunia maya, kita harus mensingkronkan dulu dengan support webmaster google. Karena kemungkinan trik-trik SEO itu sudah tidak berlaku lagi atau malah sudah dilarang penggunaannya oleh google, sehingga akan membuat website kita di kenakan penalti (pengurangan rank) atau yang lebih parahnya di banned oleh google.

Sehingga dalam hal optimasi SEO salah satu posting saya yang berjudul Teknologi Untuk Budayaku, saya akan lebih berhati-hati dalam melakukan optimasi. Posting ini saya tulis untuk share ilmu dan pengalaman saya ketika ikut seminar SEO di PENS minggu kemarin, semoga bermafaat dan menambah wawasan kita di dunia SEO.

==============================================================
Sedikit berbagi Petuah Sakti dari pak Budiono Sukses ketika saya berinteraksi dengan beliau via email :

Apa yang saya sampaikan di seminar itu 100% dari apa yang dimau Google. Dalam hal SEO saya gak menganut aliran aneh-aneh karena nantinya kembali ke "content is the king", jadi yang main curang dengan aneka teknik nantinya akan berguguran :)

Kalo soal blog, review umum saya seperti ini bro: tulis aja apa yang menarik buat pencari informasi di internet. Bisa umum, bisa spesifik. Tergantung selera aja, jangan dijadikan beban ;)

Blog saya budiono.net gak saya kasih sentuhan teknik SEO aneh-aneh sama sekali bro. Hanya menulis mengalir aja. Ada banyak blog lain yang buat cari duit, juga gak SEO-SEOan kok, tapi alhamdulillah menghasilkan cukup lumayan ;)

Salam sukses!
==============================================================

Description: Workshop SEO di PENS Sesi Kedua Rating: 5 Reviewer: Rizal Romadhoni Hidayatullah ItemReviewed: Workshop SEO di PENS Sesi Kedua

1 comment:

  1. Wah cukup menarik ulasannya.

    Sehingga, bagi yang mengerti maupun masih standar bidang SEO bisa memahami betul, apa arti SEO sendiri.

    Sangat membantu Seminar dari Pak Budiono ini.

    ReplyDelete

Mohon maaf komentar yang berisi spam dan kata-kata kotor akan kami hapus. Mari kita jaga etika dalam menulis komentar untuk kebaikan kita bersama. Terima Kasih...

Recent Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...