Sunday, January 1, 2012

10 Faedah Dipetik Menjaga Pandangan Mata!?

Assalamualaikum wr.wb.

Sesungguhnya di antara nikmat agung yang Allah berikan kepada kita adalah nikmat penglihatan.
Allah ta’ala berfirman:
“dan Dia yang memberimu pendengaran, penglihatan, dan hati nurani, agar kalian bersyukur” (QS An Nahl : 78)
“dan Dialah yang menciptakan bagimu pendengaran, ,penglihatan, dan hati nurani, tetapi sedikit sekali kamu bersyukur” (QS Al Mu’minun : 78).
Jika kita telah mengetahui akan nikmat yang agung ini, maka sudah semestinya kita malu terhadap Pemberi Nikmat ini, dan sudah semestinya kita menjaga pandangan terhadap perkara-perkara yang diharamkan-Nya, serta menggunakan nikmat ini untuk perkara-perkara yang diridhoi-Nya.

Kita tau bahwa nikmat penglihatan ini akan ditanya di hari akhir kelak, sebagaimana firman-Nya, “sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya” (QS Al Isra’ : 36).
Ikhwan wa Akhowat sekalian..
Allah ta’ala telah memerintahkan kita untuk menjaga pandangan, Dia berfirman:
“Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, yang demikian itu lebih suci bagi mereka. Sungguh Allah Maha Mendengar apa yang mereka perbuat. Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandagannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali yang biasa terlihat” (QS An Nuur : 30-31)

Tidaklah Islam memerintahkan atau melarang sesuatu, melainkan untuk kebaikan hamba-hamba-Nya, ada hikmah dan faedah yang banyak dibalik perintah dan larangan tersebut.
Imam Ibnul Qoyyim Al Jauzi berkata di dalam kitabnya “Ad Da’u wad Dawa’” setidak-tidaknya ada 10 faedah dari menjaga pandangan, semoga ini dapat menjadi motivasi bagi kita.

1. melaksanakan perintah Allah yang mengantarkan puncak kebahagiaan seorang hamba di dunia dan akhiratnya. “Katakanlah kepada orang-orang yang beriman, mereka menundukkan pandangan mereka”
2. menghadang pengaruh dari panah beracun (iblis) yang dapat menyebabkan kebinasaan pada hati.
3. membuat hati dekat dengan Allah, sebaliknya mengumbar pandangan mengakibatkan hati terpisah dan jauh dari Allah.
4. menguatkan hati dan menyenangkannya, sebaliknya mengumbar pandangan melemahkan hati dan membuatnya gundah.
5. menyinari hati, oleh karena itu Allah menyebutkan cahaya setelah perintah menjaga pandangan. Allah ta’ala berfirman, “katakanlah kepada laki-laki yang beriman agar mereka menjaga pandangannya” (QS An-Nur: 30) kemudian Allah berfirman “Allah (pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. (QS An Nur: 35)
6. memunculkan firasat yang benar, yang dapat membedakan antara kebenaran dan kebatilan. Allah ta’ala membalas amalan seorang hamba dengan apa-apa yang sesuai dengan amalan tersebut. Menjaga pandangan dari hal-hal yang Allah haramkan akan berdampak diberikannya cahaya di penglihatannya dan membukakan baginya ilmu dan iman serta pengetahuan dan firasat yang benar.
7. membuat hati istiqomah, berani, dan kuat.
8. menyulitkan syaitan untuk masuk ke dalam hati, karena syaitan masuk dengan sebab mengumbar pandangan dan syaitan akan lebih cepat menembus ke dalam hati melebihi kecepatan tembusnya udara ke dalam ruang hampa.
9. akan menyibukkan hati kepada pemikiran yang membawa maslahat dan manfaat bagi hati.
10. bahwa antara mata dan hati ada jendela dan jalan yang menghubungkan keduanya, akan baik salah satunya jika satu yang lain baik, dan akan rusak salah satunya jika satu yang lain rusak. Maka jika hatinya rusak, rusaklah pandangannya, dan jika pandangannya rusak, maka rusaklah hatinya. Demikian juga sebaliknya.

Description: 10 Faedah Dipetik Menjaga Pandangan Mata!? Rating: 5 Reviewer: Rizal Romadhoni Hidayatullah ItemReviewed: 10 Faedah Dipetik Menjaga Pandangan Mata!?

2 comments:

  1. damailah jiwa yg mampu mnjg pandangan....

    ReplyDelete
  2. @rif'at : semoga kita semua dijadikan oleh Allah SWT, golongan hamba2-Nya yang senantiasa menundukkan pandangan....
    by sporakomputer

    ReplyDelete

Mohon maaf komentar yang berisi spam dan kata-kata kotor akan kami hapus. Mari kita jaga etika dalam menulis komentar untuk kebaikan kita bersama. Terima Kasih...

Recent Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...